Cara Mengobati Pilek Secara Alami

Cara Mengobati Pilek Secara Alami
Mengobati pilek dapat dilakukan dengan berbagai metode pengobatan termasuk metode tradisional atau alami. Berikut ini beberapa obat alami yang dapat mengatasi pilek:

1. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh termasuk untuk mengobati pilek secara alami. Ketika flu atau pilek, maka tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan sehingga kita harus perbanyak pula konsumsi air putih. Usahakan setidaknya 8 gelas perhari akan menjaga tenggorokan anda tetap bersih dan terhindar dari flu.

2. Gunakan Aroma Bawang
Bawang memiliki bau yang cukup menyengat dan bau tersebut bisa anda manfaatkan untuk mengatasi flu. Aroma yang keluar dari bawang berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dihidung atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ingus. Caranya anda cukup dekatkan bawang pada hidung kemudian hirup aromanya selama 5 menit.

3. Terapi Uap Tradisional
Cara ini sangat efektif dalam mengobati pilek yang menyerang. Panaskan air hingga mendidih kemudian masukkan kedalam wadah seperti baskom dan jika sudah dekatkan wajah pada baskom tersebut hingga uapnya mengenai wajah.
terapi uap

4. Terapi Uap
Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengatasi flu secara alami. Agar lebih ampuh lagi, anda bisa menambahkan minyak kayu putih, jahe dan kunyit pada air panas tersebut.

5. Gunakan Aroma Mentol
Aroma daun mentol sangat efektif untuk mengatasi flu atau pilek. Aroma mentol dapat berasal dari minyak kayu putih, balsam atau viks. Usapkan pada hidung yang mampet sambil hirup aromanya maka akan sedikit melegakan tenggorokan dan dada anda.

6. Konsumsi Makanan Pedas
Makanan yang pedas sangat cocok kita konsumsi terutama pada saat anda terkena flu. Anda bisa konsumsi cabe untuk membersihkan rongga hidung atau selain itu anda juga bisa konsumsi sup dengan taburan lada atau cabe pedas. Namun jangan terlalu banyak karena dapat membuat perut anda mulas.

7. Gunakan Air Hangat disaat Mandi
Dengan menggunakan air hangat disaat anda mandi dapat membuat rileks otot – otot pada tubuh dan melembabkan saluran di rongga hidung.

Itulah ringkasan cara mengobati pilek secara alami.  Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Referensi: http://www.caramedis.com/obat-alami-pilek-atau-influenza-flu/

Baca juga: